Gunung Semeru, Keindahan Alam Pulau Jawa yang Mempesona

Gunung Semeru adalah salah satu tujuan wisata bagi anda pecinta alam dan hobi mendaki gunung. Gunung Semeru memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Kami akan bahas untuk anda mengenai keindahan Gunung Semeru. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Terletak diperbatasan wilayah antara Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Wisata yang dimiliki oleh Gunung Semeru akan kami bahas untuk anda.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo - Gunung Semeru -  Area Indonesia
Ranu Kumbolo – Gunung Semeru

Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang berada di Pegunungan Tengger, tepatnya di kaki gunung Semeru. Ranu Kumbolo merupakan tempat transit bagi para pendaki untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya. Banyak dari para pendaki mendirikan tenda disini untuk beristirahat. Tidak hanya itu, pemandangan di Ranu Kumbolo dimalam hari akan menjadi pemandangan yang sangat indah. Anak-anak milenial saat ini menyebutnya dengan ‘’milky way’’. Milky way adalah pemandangan langit yang bertabur bintang dimalam hari yang sangat indah. Apakah anda ingat film 5CM? Ya ! film 5CM yang diperankan oleh Fedi Nuril juga Raline Shah ini syuting di Gunung Semeru. Apakah and tidak tergiur dengan keindahan alam ini?

Ranu Pani

Ranu Pani – Wisata Gunung Bromo Tengger. Danau Indah Di Desa Terakhir Lereng Semeru

Ranu Pani menjadi starting point bagi para pendaki yang akan menuju puncak tertinggi Gunung di Pulau Jawa. Ranu Pani memiliki keindahan panorama yang dapat memanjakan mata anda. Ranu Pani sendiri adalah danau yang terletak di kawasan desa Ranu Pani kec. Senduro Kab Lumajang Jawa Timur. Ranu Pani juga menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Apakah anda tertarik mengunjunginya?

Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta - Gunung Semeru -  Area Indonesia
Tanjakan Cinta – Gunung Semeru

Tanjakan cinta ini bermula pada mitos, yang menyebutkan bahwa ada sepasang kekasih dulunya ingin mendaki dan melewati tanjakan ini. Namun saat menanjaki tanjakan ini, salah satu pasangannya tidak sanggup sehingga gagal melalui ini. Dari sanalah bermula bahwa nama tanjakan ini jadi tanjakan cinta. Saat menanjaki tanjakan ini, mitosnya anda tidak boleh menoleh ke belakang. Jika anda mendaki bersama pasangan anda dan anda menoleh ke belakang saat menanjaki tanjakan ini, anda dipastikan akan segera putus. Begitu mitos yang beredar. Percaya atau tidak,beberapa pasangan yang menanjaki tanjakan ini memang benar-benar putus. Apakah anda tertarik untuk membuktikan mitos ini sendiri?

Tanjakan ini memiliki tingkat kemiringan sekitar 45 derajat. Anda harus menyiapkan tenaga anda untuk menanjaki tanjakan ini. Tapi, anda tidak perlu khawatir, karena pemandangan disekitar tanjakan cinta ini akan membuat anda terpana. Pemandangan yang begitu indah akan memanjakan mata anda, pemandangan alam nan indah ini juga akan membantu mengatasi rasa lelah anda.

Puncak Mahameru – Puncak Gunung Semeru

Puncak Mahameru - Puncak Gunung Semeru Indonesia
Puncak Mahameru -Puncak Gunung Semeru

Setelah melalui tanjakan cinta, anda akan melanjutkan perjalanan anda menuju ke puncak Mahameru. Disarankan untuk anda agar menuju puncak pada waktu tengah malam, atau sekitar pukul 2 malam, agar anda dapat menikmati indahnya matahari terbit dari puncak Mahameru.

Untuk mencapai ke puncak Mahameru anda memerlukan jarak tempuh perjalanan sekitar 3 jam. Jalanan menuju puncak Mahameru ini cukup terjal, sehingga anda membutuhkan tenaga yang ekstra. Tidak hanya itu, suhu udara di puncak Mahameru cukup dingin. Anda harus memakai pakaian hangat agar tidak hipotermia di puncak sana. Suhu di puncak Mahameru bisa mencapai 10 derajat celcius bahkan hingga minus derajat celcius.

Lelah anda akan terbayarkan ketika melihat matahari terbit dari atas puncak Mahameru. Anda akan semakin mengagumi keindahan alam Indonesia karena pemandangan dan keindahan alamnya yang begitu luar biasa. Anda tidak akan menyesal pernah mendaki ke puncak Mahameru ini.

Cek lokasi lainnya:
Keindahan Alam Indonesia yang Menakjubkan di Gunung Rinjani
Gunung kerinci Sumatera Barat dan 7 wisata andalannya

Perlu diingatkan untuk anda, sebelum mendaki ke gunung Semeru, akan lebih baik jika kita, sebagai rakyat Indonesia menjaga keindahan alam dengan tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan Gunung Semeru.

Jika anda membuang sampah sembarangan, lalu bagaimana dengan ratusan orang lainnya yang akan berkunjung ke gunung Semeru?

Pernahkah anda bayangkan jika ratusan orang lainnya yang berkunjung mengikuti kebiasaan anda dengan membuang sampah sembarangan? Tentu hal ini akan merusak lingkungan sekitar gunung Semeru. Dengan satu langkah kecil dari anda,bisa berdampak banyak pada banyak orang. Jadi, jangan buang sampah sembarangan ya!

Ada lagi tips untuk anda, anda harus menyiapkan fisik anda, jika fisik anda tidak cukup kuat untuk mendaki gunung, ada baiknya anda tidak memaksakan diri anda, demi kesehatan anda. Dan lagi, demi melestarikan alam kita, alam Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengetahui betapa indahnya alam kita, alam Indonesia.

[CEK LOKASI] Alamat : Ngampo, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

AreaIndonesia.com - 11 Juni 2021

Reader Interactions

Tinggalkan Komentar

Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan komentar kami, dan alamat email Anda TIDAK akan dipublikasikan.