Gunung kerinci Sumatera Barat dan 7 wisata andalannya

Apakah anda pernah mengunjungi gunung Kerinci? Jika menyebut Gunung Kerinci, apa yang anda pikirkan? Kali ini kami akan membahasa untuk anda mengenai gunung Kerinci beserta wisata andalannya. Sudah siap? Yuk kita mulai !

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dan juga merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung ini terletak di provinsi Jambi, yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat.  Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Jika anda bisa sampai di puncak gunung Kerinci maka anda bisa melihat keindahan kota Padang,Bengkulu dan Jambi hingga hamparan Samudera Hindia.

Gunung Kerinci dan Wisata Andalannya

Letak gunung kerinci

Gunung Kerinci ini terletak tepat di perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi. Di Pegunungan Bukit Barisan dekat pantai barat dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang Provinsi Sumatra Barat

Menakjubkan bukan? Gunung Kerinci dikelilingi oleh hutan lebat yang kini sudah jadi Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga menjadi hutan lindung untuk dua hewan endemik Sumatera yaitu Harimau Sumatera dan Badak Sumatera.

Apa saja objek wisata alam yang dapat anda temui disekitar gunung ini? Yuk kita bahas!

1. Danau gunung tujuh

Danau gunung Tujuh ini terletak di kawasan Kerinci tepatnya di desa Pelompek kec.Ayu Aro. Danau ini terletak di belakang gunung Kerinci yaitu kawasan Gunung Tujuh.

Dikawasan ini anda akan dimudahkan dengan aksesnya. Untuk mencapai lokasi anda tidak perlu trekking jauh-jauh. Danau ini menjadi salah satu objek wisata yang bisa dengan mudaha anda akses dan nda bisa melihat keindahan danau ini.

Anda akan takjub luar biasa dengan keindahan danau ini. Danau ini dikelilingi oleh gunung-gunung disekitarnya. Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter diatas permukaan laut. Jika anda ingin memiliki pengalaman yang tidak bisa dilupakan, maka anda bisa mencoba untuk berendam di danau ini, karena danau ini memiliki air yang bisa dibilang sangat dingin. Tertarik untuk mencoba?

2. Air terjun telun berasap

Sumber air dari air terjun Telun Berasap ini berasal dari sungai-sungai yang berada disekitar gunung Tujuh. Anda bisa menemui banyak air terjun lainnya disekitar gunung Tujuh. Namun, air terjun Telun Berasap ini menjadi salah satu yang paliing menonjol karena keindahannya. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang dari 50 meter saja.

3. Danau kerinci

Danau ini terletak di kabupaten Kerinci dengan luas 5000 meter persegi dan 783 meter ketinggian diatas permukaan laut. Danau Kerinci memiliki kedalaman 110 meter. Danau ini terletak di kaki Gunung Rayo kabupaten Kerinci. Jika anda ingin mengakses danau ini, anda cukup menempuh perjalanan darat dari Sungaipenuh yang berjarak sekitar 16km. Danau Kerinci membantu memenuhi kebutuhan air desa disekitarnya.

4. Air terjun pancaro rayo

Air terjun ini terletak di desa Koto Tuo, kecamatan Keliling Danau, kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi yang berada di desa Koto Tuo. Tinggi dari air terjun ini mencapai 150 meter. Anda harus melihat ke atas langit untuk melihat puncak air terjun ini. Apa yang membedakan air terjun ini dengan air terjun lainnya? Yang membedakannya adalah air terjun ini mampu menciptakan hujan embun. Hujan embun ini akan membuat anda takjub. Dari jarak 2 meter sebelum mencapai air terjun ini saja, anda dapat merasakan hujan embun ini. Apakah anda tertarik mengunjunginya? Anda harus melalui hutan rimba yang masih sangat asri untuk mencapai air terjun ini. Dijamin lelah anda akan terbayar jika sampai di lokasi. Air terjun ini adalah kombinasi alam nan menyejukkan hati anda.

Sumber air dari air terjun ini langsung dari sumber air Gunung Rayo, jadi airnya sangat sangat menyejukkan dan segar. Anda dapat langsung meminum air ini untuk merasakan kesegarannya. Anda juga dapat berenang dikolam dibawah air terjun ini. Namun,jika fisik anda tidak kuat dengan air dingin, jangan paksakan diri anda, karena bisa saja anda terjangkit hipotermia disana. Air ini benar-benar dingin dan segar. Jika berkunjung ke Gunung Kerinci, anda bisa mendapatkan keindahan alam lainnya yang tak kalah menakjubkan.

5. Gunung kunyit

Gunung kunyit

Gunung yang masih terletak di kawasan Gunung Kerinci Taman Seblat ini merupakan rumah bagi flora endemik bernama ‘’Nephentes Inermis’’. Gunung Kunyit terletak di desa Talang Kemuning kabupatern Kerinci. Sebenarnya, gunung ini merupakan rumah bagi flora dan fauna yang hampir punah atau sudah langka, seperti Harimau Sumatera. Gunung ini menjadi hutan lindung bagi flora dan fauna yang hampir punah ini. Untuk mencapai gunung ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 7 jam, melewati pemukiman warga.

Gunung Kunyit ini juga menyimpan flora yang begitu banyak seperti bunga raflessia, kantung semar, anggrek bulan dan masih banyak lainnya. Gunung ini cocok dikunjungi oleh peneliti yang ingin meneliti flora dan fauna, juga cocok untuk pecinta alam. Saat anda memasuki hutan di gunung Kunyit anda akan mendengar burung-burung bersautan, harimau yang mengaum dan bahkan mungkin anda akan melihat bagaimana harimau memangsa untuk bertahan hidup. Jika berkunjung ke gunung ini, anda harus ditemani oleh seorang pemandu. Dan jangan lupa untuk tetap waspada saat berkunjung.

6. Goa kasah

Goa kasah - Gunung kerinci Sumatera Barat

Goa Kasah terletak di desa Renah Kasah, kecamatan Kayu Aro ini merupakan salah satu goa peninggalan sejarah. Dinding –dinding goa terukir piramid dan obsidian yang sudah ratusan tahun lamanya.

Masyarakat sekitar percaya bahwa goa ini adalah peninggalan sejarah yang masih belum ditemukan titik terangnya. Goa ini juga merupakan rumah bagi kelelawar da burung-burung. Goa ini memiliki ketinggian 1.400 mdpl. Berbagai macam kegiatan bisa anda lakukan disini seperti camping dan photoshoot. Goa kasah masuk dalam salah satu keindahan alam yang Gunung Kerinci yang kami rangkum. Apakah anda tertarik mengunjunginya?

7. Bukit khayangan

Bukit Khayangan terletak di desa Renah Kayu Embun kota Sungaipenuh provinsi Jambi ini merupakan salah satu bukit andalan dari wisata gunung Kerinci. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.400 meter.

Berada pada jajaran Bukit Barisan dan menjadi bagian dari Gunung Kerinci, bukit in memiliki keindahan alam yang tak kalah menariknya. Akses ke bukit ini tidak jauh. Anda cukup menggunakan jalur darat dengan memakan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Bukit Khayangan ini.

Kenapa masyarakat menamainya dengan bukit Khayangan? Karena, jika cuaca sedang cerah, dan jika anda sedang berada di bukit ini, anda akan merasakan sedang berada diantas awan yang indah. Tidak hanya itu saja, anda akan dimanjakan dengan pemandangan nan asri.

Anda dapat melihat Gunung Kerinci dan Kota Sungaipenuh dari ketinggian di bukit ini. Akan lebih indah lagi jika anda bisa menikmati matahari terbit dari bukit Khayangan ini. Tertarik berkunjung?

AreaIndonesia.com - 5 Oktober 2020

Reader Interactions

Tinggalkan Komentar

Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan komentar kami, dan alamat email Anda TIDAK akan dipublikasikan.