Deretan 7 Nirwana di Pantai Bali

Pulau Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuat Pulau Bali termasuk daya pikat utamanya yaitu Pantai Bali beriklim tropis seperti daerah lain di Indonesia. Pulau Bali berdasarkan relief dan topografi di tengah-tengahnya terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Agung dan Gunung Batur.

Gunung Agung adalah titik tertinggi di Bali setinggi 3.148 m. Gunung berapi ini terakhir meletus pada Maret 1963. Gunung Batur diperkirakan pada 30.000 tahun yang lalu, meletus dan menghasilkan bencana yang dahsyat di bumi. Lalu adapula gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya.

Diantara pegunungan tersebut terdapat sejumlah gunung berapi baik yang masih aktif maupun sudah tidak aktif, yaitu:  Gunung Agung tinggi 3.142 meter, Gunung Batur tinggi 1.717 meter dari permukaan laut, Gunung Abang tinggi 2.276 meter, Gunung Batukaru tinggi 2.276 meter. Pulau dewata ini dibelah oleh sungai, kanal, dan juga ngarai yang diselimuti hutan.

Lembah dan bukitnya diwarnai oleh hamparan permadani hijau padi, ujung Pantai Bali yang indah serta danau-danau yang mengisi sisa kawah. Pulau Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang terletak di tengah pulau kawasan pegunungan yaitu:  Danau Batur/Bedugul dengan luas 1.607,5 hektar, Danau Beratan 375,6 hektar, Danau Buyan 336 hektar dan Danau Tamblingan 110 hektar. Sungai-sungai yang bersumber dari hutan tropis dan danau-danau yang mengalir ke daerah selatan. Alisan tersebut seperti sungai Unda, Sungai Petanu, Sungai Ayung, Sungai Pulukan, Sungai loloan dan lain-lain.

Pulau Bali selain terdiri dari Pulau Bali itu sendiri juga terdapat beberapa wilayah yang terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekelilingnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan. Pulau Bali memiliki 8 kabupaten pemerintahan daerah dan satu ibukota provinsi, yaitu: Kabupaten Badung,  Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan dengan total 57 Kecamatan serta Kota Denpasar yang menjadi Ibukotanya dengan luas keseluruhan wilayah ialah 5.780,06 km² atau sekitar 0,29% luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada tanggal 14 Agustus 1958 Bali diresmikan berdasarkan Undang-Undang No. 64 Tahun 1958 tentang pembentukan Daerah-daerah Tingkat I Bali, yang meliputi wilayah Sunda Kecil yang terdiri dari Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sehingga setiap tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai hari jadi Provinsi Bali sebelum pemekaran dan hingga sekarang.

Pulau Bali Sebagai Primadona Pariwisata Indonesia

Sebagai salah satu primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara, Pulau Bali bukan hanya  terkenal dengan keindahan alamnya saja, namun juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang sangat khas dan tidak dimiliki oleh tempat wisata manapun di berbagai negara.

Tujuan pariwisata di Pulau Bali berpusat di Bali Selatan dan di beberapa daerah lainnya. Pulau Bali sebagai tempat tujuan wisata memiliki banyak sekali tempat tujuan menarik, antara lain: Pantai Pandawa, Pantar Karma Kandara, Pantai Kelingking di Nusa Penida, Pantai Melasti, Pantai Virgin, Pantai Dreamland, Pantai Menjagan Pantai Jimbaran, Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Padang – Padang, juga Pantai Lovina dengan Lumba Lumbanya.

Adapula Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pura Tanah Lot, Pura Besakih, Uluwatu, Ubud, Munduk, Kintamani, Amed, Tulamben, Danau Beratan Bedugul,  dan masih banyak lagi. Pulau Bali juga memiliki beberapa pusat wisata yang sarat edukasi untuk anak-anak seperti kebun binatang, museum tiga dimensi, taman bermain air, dan tempat penangkaran kura-kura.

Pulau Bali juga terkenal dengan seni tari yang dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu wali atau seni tari pertunjukan sakral, bebali atau seni tari pertunjukan untuk upacara dan juga untuk pengunjung dan balih-balihan atau seni tari untuk hiburan pengunjung. Tarian yang sangat populer di kalangan wisatawan diantaranya adalah Tari Kecak dan Tari Pendet. Sekitar tahun 1930-an, Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi Sang Hyang dan hasil saduran kisah Ramayana, kemudian dipopulerkan oleh Wayan Limbak yang berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali.

Dunia perfilman Hollywood dan negara lain pun berlomba untuk mengabadikan Keindahan Pulau Bali, Pantai Bali serta kesenian dan budayanya yang sangat khas seperti dalam Pada tahun 2012 Savages yang film bergenre thriller dibintangi John Travolta, Salma Hayek dan Blake Lively, lalu pada  tahun 2019 film action yang berjudul Alex Cross yang dibintangi Tyler Perry dan Matthew Fox,  Eat Pray Love film drama Hollywood tahun 2010 yang dibintangi oleh Julia Roberts, Road to Bali sebuah film komedi Hollywood tahun 1952 yang dibintangi oleh Bing Crosby dan Bob Hope, dan tak ketinggalan Korea Selatan pun pada tahun 2004 sempat menggarap salah satu drama terkenal berjudul Memories of Bali yang dibintangi oleh Jo In Sung, Ha Ji Won dan So Ji Sub.

Daftar 7 Pantai Bali

Pulau Bali yang menjadi rantai terakhir dari jajaran pulau-pulau tropis garis imajiner yang menandai pemisahan zona ekologi Asialis dan Australasia memiliki banyak pantai. Terdapat lebih dari serratus pantai yang terletak di Pulau Bali dan gugusan kepulauan sekitarnya yang memiliki daya tarik dan keindahan masing-masing. Diantara pantai-pantai di Pulau Dewata, beberapa pantai dibawah ini merupakan destinasi favorit wisatawan local maupun mancanegara.

1. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa - Pantai Bali

Pantai Pandawa terletak di Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai Bali ini memiliki dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Patung-patung tersebut disusun secara berurutan dari posisi tertinggi yaitu Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Pantai ini juga merupakan tujuan wisata dan olahraga air, dan dijadikan area untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai.

2. Pantai Karma Kandara

Merupakan Pantai Bali yang memiliki daya tarik utama karena berpasir putih dengan air laut yang sangat jernih. Pantai ini terletak di daerah Ungasan, Kuta Selatan. Wisatawan yang datang ke Pantai Bali ini dilarang membuang sampah sembarangan di sekitar area pantai, sehingga kebersihan di pantai sangat terjaga.

3. Pantai Kelingking di Nusa Penida

Pantai ini terlihat seperti sebuah surga tersembunyi yang terletak Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Pantai Bali ini memiliki pesona berupa pantai pasir putih dengan air berwarna biru pirus, dikelilingi tanjung dan tebing curam yang menyuguhkan pemandangan samudera luas yang bisa dilihat dari area atas tebing. Warna laut yang biru mempesona, ombak besar menderu disertai angin dari kejauhan akan menambah keindahan laksana surga di pantai ini.

4. Pantai Melasti

Terletak di daerah Ungasan, Kecaatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Pantai Bali ini memiliki pesona yang terletak pada akses jalan ke Pantai Melasti Ungasan wisatawan harus  melewati jalan turunan berliku-liku yang berada di atas tebing kapur putih yang menjulang tinggi. Akses jalan menuju lokasi pantai diapit tebing karang putih yang mirip jalan menuju Pantai Pandawa.

5. Pantai Nusa Dua

Pantai Bali yang terletak di Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini kerap menjadi tuan rumah acara-acara seperti konferensi PBB, KTT APEC, dan lain lain. Juga pernah di kunjungi oleh Raja Salmanpada tahun 2017. Keindahan Pantai Bali ini tidak perlu diragukan lagi, namanya begitu tersohor di kalangan wisatawan local maupun mancanegara.

6. Pantai Padang – Padang

Pantai Padang Padang Bali yang juga dikenal dengan nama pantai Labuan Sait. Film Hollywood Eat Pray Love, mengambil salah satu adegan film di pantai Labuan Sait. Begitu pula group musik Michael Learn To Rock yang  memilih pantai Labuan Sait sebagai lokasi syuting salah satu video music mereka membuat Pantai Labuan Sait menjadi semakin terkenal di mancanegara.

7. Pantai Lovina

Pantai Lovina terletak sekitar 9 km sebelah barat kota Singaraja, ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bali Utara. Pantai Bali ini dikenal sebagai salah satu pantai yang sering dikunjungi lumba-lumba di Indonesia. keberadaan lumba-lumba inilah yang jadi salah satu daya tarik utama pantai ini.

Keunikan lokasi dengan latar belakang perbukitan yang rindang dan batu karang yang terjal, merupakan ciri khas pantai Labuan Sait. Untuk menuju lokasi bibir pantai, pengunjung harus melewati jalan yang menyerupai goa. Kemudian turun melewati puluhan tangga yang hanya cukup untuk dilewati satu orang. Setelah melewati tangga, pasir putih dengan airnya yang tenang dan jernih akan terlihat didepan mata.

AreaIndonesia.com - 11 Oktober 2020

Reader Interactions

Tinggalkan Komentar

Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan komentar kami, dan alamat email Anda TIDAK akan dipublikasikan.