Danau toba, pesona alam dan budaya yang jadi satu

Jika berkunjung ke Sumatera Utara yang ada di pikiran kita yaitu suku Batak dan Danau Toba. Ya, dua hal yang menjadi ciri khas dari Sumatera Utara ini akan kita bahas.

Pernah kah anda berkunjung ke sana? Apa saja wisata di sekitar Danau Toba? Bagaimana dengan pesona alam lainnya di sekitarnya? Kita akan bahas semua bersama.

Mengenal Danau Toba

Danau Toba adalah danau terluas baik yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung berapi yang kemudian menjadi danau. Mata anda akan di manjakan dengan hamparan alam disekitar lokasi danau.

Danau toba terletak di daerah bagian utara provinsi Sumatera Utara, dikelilingi oleh 7 kabupaten, wilayah yang terdekat dan yang sering menjadi tujuan wisata adalah kabupaten Toba Samosir dan kabupaten Humbang Hasundutan. Terdapat deretan gunung dan pulau vulkanik ditengah danau Toba yang diberi nama Pulau Samosir. Selain pulau Samosir, di sekitar danau ini masih ada tempat wisata yang wajib anda kunjungi.

Lembah bakkara

Wisata ke Danau Toba Indonesia

Lembah Bakkara ini adalah tempat dimana pahlawan kita Sisingamangaraja XII dilahirkan. Pahlawan Sisingamangaraja XII ini adalah pahlawan yang melawan penjajah Belanda. Lembah bakkara ini terletak di Siunong Unong Julu, Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Baik alamnya maupun budaya nya. Di lembah ini terdapat rumah Sisingamangaraja XII yang diabadikan dan dijadikan objek wisata. Lembah Bakkara ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda bisa mengakses wilayah ini dengan mengambil rute dari Medan menuju Siborong-borong dan lanjut ke Kecamatan Muara, kemudian melanjutkan perjalanan dengan rute Sidikalang menuju Doloksanggul.

Lembah ini konon dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika anda memiliki penyakit, maka anda dianjurkan untuk berendam atau mandi di Aek Sipangolu yang memiliki artian sebagai air yang menghidupkan.

Aek Sipangolu ini merupakan sumber air yang keluar melalui batu, kemudian mengalir sepanjang masa. Aek Sipangolu ini akan bermuara ke Danau Toba.

Lembah Bakkara ini dibelah oleh dua aliran sungai yaitu Aek Silang yang memiliki sumber dari air terjun di sekitar perbukitan, kemudian Aek Simangira yang aliran sungainya tidak sebesar Aek Silang.

Dua aliran sungai ini mengalirkan air ke beberapa desa di sekitar Lembah Bakkara. Lembah Bakkara juga terkenal dengan komoditas bawang merahnya. Apakah anda tertarik berkunjung kesini? Anda akan takjub jika bisa melihat langsung lembah ini.

Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun Binangalom - Danau Toba

Air terjun situmurun ini memiliki nama lain yaitu air terjun Binangalom karena terletak di desa Binangalom kecamatan Lumban Julu, kabupaten Toba, Sumatera Utara. Air terjun ini mengalirkan air yang langsung bermuara ke Danau Toba. Anda bisa menikmati sensari berenang di tengah danau dan melawan arus dari air terjun ini.

Sedikit cerita mengenai nama Binangalom, nama ini adalah nama sebuah sungai yang dalam bahasa Batak Toba nya adalah Lom. Lom berarti penyejuk hati. Banyak wisatawan yang menamai air terjun ini dengan nama air terjun penyejuk hati.

Untuk sampai di air terjun ini, anda cukup mengambil rute perjalanan dari Medan menuju Balige untuk menuju ke Pelabuhan Balige. Anda cukup menggunakan kapal motor untuk sampai di tujuan. Selama perjalanan menuju air terjun penyejuk hati ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dari Danau Toba dan Pulau Samosir.

Suasana yang baru, Air terjun Binanga Bolon

Air terjun ini terletak di kab. Simangulun kec. Haranggaol Nagori Purba Pasir. Jika anda ingin menuju air terjun ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan Danau Toba karena air terjun ini diakses dengan melalui jalan ditepian Danau Toba.

Jika anda mulai berangkat dari kota Medan, anda harus menaiki bus yang menuju Simpang Haranggaol selama 3 jam, kemudian anda melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek motor untuk sampai di Desa Binanga Bolon. Perjalanan anda yang cukup memakan waktu ini akan terbayar lunas jika anda telah sampai di tujuan anda. Air terjun dengan suasana alam yang menyejukkan akan anda dapatkan disini. Tertarik untuk berkunjung?

Air Terjun Turunan Bolon

Air Terjun Turunan Bolon tau air terjun turbo adalah gabungan dari dua air terjun yaitu air terjun Bolon dan air terjun Naga sehingga air terjun ini memiliki air yang cukup deras, maka dari itu nama lain air terjun ini adalah air terjun turbo. Air terjun ini terletak di desa Tomuan Holbung, kec.Bandar Pasir Mandoge kab. Asahan. Air terjun ini diapit oleh pohon-pohon tinggi sehingga masih sangat asri disekitarnya.

Untuk mencapai lokasi ini anda harus menempuh perjalanan selama 6 jam dari Medan, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat selama 3 jam dari PematangSiantar via Tanah Jawa Simalungun Mandoge. Perjalanan panjang anda akan sama dengan pemandangan air terjun yang asri yang akan anda dapatkan.

Pusuk Buhit, Samosir. Asal muasal Suku Batak

Pusuk Buhit adalah gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 1980 meter diatas permukaan laut. Pusuk Buhit ini dikelilingi oleh beberapa desa yaitu desa Samosir, Pangunguran dan Sianjur Mula-mula. Pusuk Buhit wajib masuk kedalam list anda jika berkunjung ke Danau Toba yaa.

Menurut sejarah dari suku Batak, Pusuk Buhit adalah asal muasal dari Suku Batak. Raja pertama dari suku Batak dilahirkan disini. Namun, tidak ada penjelasan lainnya, hanya satu pernyataan saja.

Anda tidak perlu khawatir, anda akan menemui banyak hal lainnya yang bisa dikunjungi. Seperti Tower Tele untuk melihat keindahan Danau Toba dari ketinggian. Kemudian ada lagi yang namanya Aek Sipitu Dae, dan Batu Hobon.

Untuk mengakses tujuan wisata ini anda memiliki dua pilihan yaitu jalur darat dan laut. Jika anda memilih jalur darat, maka anda mulai dari Medan menuju Sidikalang terus lanjut ke Pangururan. Dan jika anda memilih jalur laut maka anda harus naik kapal dari Medan menuju Prapat kemudian Pelabuhan Tigaraja.

Sampai di Tigaraja anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan tujuan Pangururan.

Bukit Holbung, Bukit Teletubbies punya Danau Toba

Tidak hanya Gunung Bromo atau Nusa Penida yang punya bukit Teletubbies, Danau Toba juga punya! Ya, Bukit Holbung adalah salah satu spot favorit untuk melihat keindahan Danau Toba. Bukit ini memiliki hamparan rumput hijau yang begitu indah. Bukit ini terletak di desa Janji Marhatan Kab, Samosir Sumatera Utara. Wisatawan yang berkunjung kesini sangat mengagumi keindahan pemandangan yang disuguhkan. Anda cukup trekking 15 menit saja melalui jalan setapak yang ada untuk sampai ke puncak bukit Holbung. Anda akan terkesima dengan keindahannya.

Untuk mengakses lokasi anda cukup mulai dari kota Medan menuju Kabanjahe dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Tele. Apakah anda masih ragu-ragu mengunjungi keindahan Danau Toba ini?

Desa Tomok

Desa ini adalah desa wisata yang akan menujukkan pada anda mengenai budaya adat Batak itu sendiri. Didesa ini anda akan belajar sejarah mengenai Suku Batak. Berikut hal yang bisa anda temui di desa Tomok.

Pertunjukkan Sigale-gale

Sigale-gale adalah boneka yang bisa menari sendiri, seperti wayang di Jawa. Sigale-gale ini akan menari tarian tor-tor yang sudah terkenal di sebagai tarian adat Batak. Jika anda ingin melihat langsung tarian ini, anda cukup membayar 200ribu rupiah saja pada penari yang berada diwilayah itu untu menari. Cukup murah bukan untuk sebuah pertunjukan adat? Terlebih lagi anda sudah membantu perekonomian sekitar karena sudah membantu penari bekerja dan mendapat upah.

Makam Raja-raja Batak

Dimakam ini anda akan melihat peti dari batu alam yang ada diatas permukaan tanah. Bukan didalam tanah. Ya, ada tiga makam yang dipercaya adalah makam raja Batak yang jenazahnya ditaruh didalam peti yang terbuat dari batu alam.

Museum Batak

Museum ini adalah bangunan yang menyerupai rumah adat Batak. Didalam museum ini terdapat peninggalan sejarah seperti baju adat, perlengkapan perang, peralatan masak dan beberapa peninggalan sejarah lainnya.

Anda cukup mengakses desa Tomok ini dengan menyewa kapal Feri untuk mengantar anda menyeberangi Danau Toba. Biaya sewanya sekitar 500ribu rupiah saja. Desa wisata ini hanya buka hingga jam 5 sore. Lewat dari jam itu, tidak ada lagi aktivitas disana. Jadi jika anda ingin berkunjung kesana, usahakan dari pagi ya! Biar puas menjelajahi desa wisata ini.

AreaIndonesia.com - 6 Oktober 2020

Reader Interactions

Tinggalkan Komentar

Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan komentar kami, dan alamat email Anda TIDAK akan dipublikasikan.