Danau Kelimutu dan Keindahan Alam Flores yang Terkemuka

Danau kelimutu adalah salah satu danau andalan Indonesia. Danau ini memiliki keindahan alam yang akan membuat anda takjub dengan alam nya. Penasaran? Kami akan bahas untuk anda.

Danau Kelimutu

Wisata Liburan Danau Kelimutu Indonesia
Foto: alamsemestaindoo

Danau Kelimutu terletak di kawasan Ende pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Berada pada ketinggian 1.639 mpdl.

Danau Kelimutu memiliki air danau yang dapat berubah-ubah, mulai dari warna biru,merah, dan putih. Perubahan warna ini tergantung pada suhu, gas, dan mikorba yang ada di dalam danau tersebut. Menakjubkan bukan?

Danau Kelimutu terdiri dari 3 danau, dari ketiga danau ini memiliki masing-masing nama, ketiganya memiliki kedalaman, luas dan fakta yang berbeda. Baiklah mari kita bahas satu per satu.

1. Danau Tiwi Ata Mbupu

Danau Tiwi Ata Mbupu memiliki kedalaman sekitar 67 meter dengan luas sekitar 4,5 hektar. Danau ini memiliki warna air yaitu warna hijau.

2. Danau Tiwi Nuwa Muri Koo Fai

Danau Tiwi Nuwa Muri Koo Fai memiliki nama lain yaitu Danau Pemuda dan Gadis yang memiliki kedalaman paling dalam diantar dua lainnya yaitu 127 meter. Danau ini juga menjadi danau yang terluas dibandingkan dengan dua danau lainnya.

Luas danau ini sekitar 5,5 hektar. Sangat luas ya! danau ini memiliki ciri khas warna yaitu warna hijau lumut. Warna ini tentunya dipengaruhi oleh biota laut yaitu lumut-lumut yang berada di sekitar danau. Erosi danau yang terjadi ikut mempengaruhi warna air danau ini.

3. Danau Tiwu Ata Polo

Danau Tiwu Ata Polo menjadi danau yang paling kecil dan paling dangkal diantara dua danau lainnya. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 64 meter, dengan luas sekitar 4 hektar. Danau ini pula yang sering berubah warna airnya. Warna air bisa berubah ke warna merah dan coklat tua. Danau ini pun menjadi sumber air yang akan mengalir ke sungai Ria Mbuli yang juga mengalir dari Gunung Kelimutu.

Fakta lain yang tidak kalah penting untuk anda ketahui adalah, Gunung Kelimutu pernah meletus pada tahun 1886. Kemudian meletus lagi di tahun 1968.

Gunung Kelimutu menjadi salah satu gunung vulkanik yang aktif yang juga berada di Indonesia. Gunung vulkanik yang aktif ini memiliki keindahan alam yang begitu indah. Data pada tahun 2015 menyebutkan bahwa, wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang sudah berkunjung ke danau Kelimutu mencapai 62.957 orang. WOW!

Fakta mngenai perubahan warna yang terjadi pada tiga danau diatas ada penyebabnya. Penyebab yang pertama yaitu mengenai perubahan gas gunung api. Gas di gunung api berubah-ubah. Zat besi yang terkandung didalam fluida bisa menyebabkan perubahan air di tiga danau diatas menjadi coklat atau merah.

Biota laut seperti lumut juga mempengaruhi perubahan air danau menjadi lebih hijau dari sebelumnya. Seperti yang sudah dijelaskan, dinding danau yang dilumuti oleh lumut dan erosi yang terjadi bisa menyebabkan perubahan warna air danau.

Namun ada beberapa hal yang harus menjadi catatan bagi anda, yang ingin berkunjung. Pertama , mengenai keadaan alamnya. Gunung Kelimutu ini merupakan salah satu gunung api yang aktif di Indonesia.

Yang dikhawatirkan saat ini yaitu dinding pemisah antara tiga danau ini mulai mengikis perlahan dan terus menipis. Jadi anda harus tetap waspada ya saat berkunjung ke Danau ini.

Dan yang kedua adalah mengenai sampah. Ya, sampah menjadi musuh terbesar untuk tempat wisata alam. Sampah bisa merusak lingkungan, merusak keindahan dan yang lebih parah lagi sampah anda bisa merusak tempat wisata yang anda kunjungi. Jadi, jika anda berkunjung, pegang dan buang lah sampah pada tempatnya. Terlebih lagi untuk sampah botol plastik. Anda sangat dilarang keras untuk membang sampah ke dalam danau Kelimutu.

Akses ke Danau Kelimutu Flores NTT

Apakah anda sudah tertarik untuk berkunjung? Anda cukup terbang dari Jakarta menuju bandara El Tari , Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju bandara di Ende yaitu bandara H. Hasan Aroeboesman hanya dengan 45 menit perjalanan.

Lalu anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan mini bus menuju desa Moni yang terletak di kaki Gunung Kelimutu dengan jarak tempuh 2 hingga 3 jam perjalanan.

Dari desa Moni anda bisa menuju gerbang ke Danau Kelimutu dengan 30 menit saja. Jika anda ingin melihat sunrise atau matahari terbit di Danau, anda bisa menginap di desa Moni. Di Moni ini tersedia hotel maupun hostel yang cukup membuat anda nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Silahkan tinggalkan pesan atau kesan-kesan bagi yang pernah berkunjung..

AreaIndonesia.com - 7 Oktober 2020

Reader Interactions

Tinggalkan Komentar

Terima kasih telah memilih untuk meninggalkan komentar. Harap diingat bahwa semua komentar dimoderasi sesuai dengan kebijakan komentar kami, dan alamat email Anda TIDAK akan dipublikasikan.