6 Rumah Adat Sulawesi yang khas dan unik

Pulau Sulawesi berbentuk seperti huruf K. Sulawesi dahulu pernah dikenal sebagai Celebes. Sulawesi adalah sebuah pulau besar di Indonesia yang merupakan 1 dari 4 Kepulauan Sunda Besar yang juga merupakan pulau terbesar ke 11 di dunia.

6 Rumah Adat di Pulau Sulawesi

Sulawesi memiliki 6 Provinsi dengan rumah adat nya masing-masing yang berbeda-beda, unik dan memiliki ciri khas nya sendiri.

Rumah Adat Sulawesi Selatan

Tongkonan adalah rumah adat dari masyarakat suku Toraja, yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Arsitektur dari rumah adat tongkonan memiliki bentuknya yang khas dari struktur bawah, tengah dan atas.

Rumah Adat Tongkonan

Rumah Adat Tongkonan - Rumah Adat Sulawesi Selatan

Saat ini rumah tongkonan tidak lagi dijadikan sebagai rumah tempat tinggal dan sudah tidak dihuni lagi, dikarenakan setiap keluarga yang dahulu mendiami rumah tongkonan pada umumnya telah membangun rumah tinggal sendiri. Rumah Tongkonan sarat dengan ukiran yang mengandung makna “melambangkan status sosial” dari pemilik Tongkonan yang menempati lapisan atas.

Rumah Adat Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara memiliki rumah adat bernama banua tada. Rumah asli suku Buton ini dibuat dari kayu dan tidak memakai paku sama sekali, tetapi dengan menyambung dan menumpukkan kayu-kayu yang dipakai.

Rumah Adat Banua Tada

Rumah Adat Banua Tada -

Rumah Adat Sulawesi Barat

Sulawesi Barat dihuni oleh beragam suku yang salah satunya adalah suku Mandar. Rumah adat boyang adalah rumah adat dari suku Mandar, rumah ini terbuat dari kayu dan berupa rumah panggung.

Rumah Adat Boyang

Rumah Adat Boyang - Rumah Adat Sulawesi Barat

Tiang-tiangnya tidak ditancapkan di tanah tetapi ditumpangkan di atas batu datar. Untuk masuk ke rumah ini, harus menaiki tangga yang ada di depan atau belakang rumah. Rumah boyang biasanya dibangun menghadap ke timur.

Rumah Adat Sulawesi Tengah

Rumah tambi adalah rumah adat masyarakat Sulawesi Tengah. Rumah tambi berbentuk rumah panggung tetapi tingginya tidak jauh dari permukaan tanah. Atap rumah adat tambi berbentuk segitiga yang berfungsi juga sebagai dinding luar.

Rumah Adat Tambi

Rumah Adat Tambi - Rumah Adat Sulawesi Tengah

Oleh karena itu jika dilihat dari luar rumah tambi ini berbentuk seperti prisma. Di dalamnya hanya terdapat 1 ruang saja yang disebut dengan lobona.

Dapur rumah tambi ini terletak di bagian tengah, supaya dapat dipakai juga untuk menghangatkan penghuni rumah itu.

Rumah Adat Gorontalo

Salah satu rumah adat Gorontalo adalah dulohupa. Rumah adat dulohupa ini bukan rumah tinggal, melainkan rumah untuk musyawarah adat. Oleh karenanya rumah ini dinamai dulohupa yang artinya mufakat.

Rumah Adat Dulohupa

Rumah Adat Dulo - Rumah Adat Gorontalo

Ciri khas rumah ini adalah atap nya berbentuk seperti pelana yang bertumpuk dua. Selain itu, rumah panggung ini memiliki dua tangga di bagian depan yang bertemu di depan pintu masuk. Bagian dalamnya tidak memiliki pembatas, tetapi terdapat anjungan untuk tempat istirahat raja dan keluarganya

Rumah Adat Sulawesi Utara

Suku Minahasa di Sulawesi Utara menempati rumah adat walewangko atau rumah pewaris. Rumah ini berbentuk panggung dengan tangga di sisi kiri dan kanan pintu masuk.

Rumah Adat Walewangko

Rumah Adat Walewangko - Rumah Adat Sulawesi Utara

Bagian bawahnya dimanfaatkan untuk menyimpan hasil pekerjaan sehari-hari. Bagian rumah ini dibagi menjadi tiga, yaitu lesar atau beranda, sekey untuk menerima tamu, dan pores yang dipakai keluarga untuk beraktivitas.

AreaIndonesia.com - 19 Mei 2023

Reader Interactions

Berikan komentar bro/sist