Rumah Adat Jawa simbol Rumah Raja atau Bangsawan

Jawa, merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, memiliki kekayaan budaya yang meliputi berbagai macam seni, tradisi, dan rumah adat yang unik. Rumah adat Jawa adalah contoh penting dari warisan budaya yang kaya dan memiliki ciri khas tersendiri. Berikut adalah beberapa informasi mengenai rumah adat Jawa:

Rumah Adat Jawa

Rumah Adat Jawa

Joglo adalah jenis rumah adat Jawa yang paling terkenal, biasa dipakai oleh keluarga kerajaan atau bangsawan. Rumah ini memiliki ciri khas atap limas yang menjulang tinggi, struktur kayu yang indah, dan ukiran yang rumit.

Rumah Adat Banten

Suku Badui adalah suku asli yang tinggal di Provinsi Banten. Suku Badui memiliki rumah adat sulah nyanda. Sulah Nyanda merupakan rumah tradisional suku badui yang ramah lingkungan sebab bahan-bahannya berasal dari alam.

Rumah Adat Sulah Nyanda

Rumah Adat Sulah Nyanda - Rumah Adat Banten

Pondasi rumah ini terbuat dari batu dan lantainya dari bambu-bambu yang dibelah. pada bagian tiangnya menggunakan balok kayu berukuran besar, dindingnya terbuat dari anyaman bambu dan atapnya dibuat dari ijuk serta bilah bambu.

Rumah Adat DKI Jakarta

Rumah ini adalah ciri khas suku Betawi. Atap rumah kebaya berbentuk pelana yang dilipat. Jika dilihat dari samping, atapnya seperti lipatan kebaya. Di teras rumah biasanya tersedia meja dan kursi untuk menerima tamu atau minum teh di sore hari bersama keluarga. Rumah kebaya biasa dicat dengan warnawarna cerah.

Rumah Adat Kebaya

Rumah Adat Kebaya - Rumah Adat DKI Jakarta

Rumah Adat Jawa Barat

Di provinsi Jawa Barat terdapat banyak bentuk rumah adat, akan tetapi yang paling populer adalah rumah jolopong. Bentuk rumah jolopong ini adalah rumah panggung dengan tinggi sekitar 40 hingga 60 cm di atas permukaan tanah dan ada tangga di teras rumah. Bahan-bahan yang digunakan dari rumah jolopong merupakan bahan-bahan alami dari alam, yaitu kayu, bambu, daun kelapa, ijuk, batu, dan tanah. Bentuk atapnya memanjang dan berbentuk segitiga sama kaki seperti tergolek lurus atau jolopong (terkulai).

Rumah Adat Jolopong

Rumah Adat Jolopong - Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Adat D.I. Yogyakarta

Rumah adat dari Daerah Istimewa D.I Jogjakarta juga sama, disebut rumah joglo. Pada bagian depan rumah berupa pendopo luas yang biasa dipakai untuk pertemuan.

Rumah joglo Yogyakarta meniru bangsal kencono dari keraton Yogyakarta. Atap joglo Jogja ini berbeda dengan joglo lainnya, atapnya bertumpuk 3 (tiga) berbentuk bubungan tinggi. Tiang dan dindingnya dari kayu dan biasa dicat warna hijau gelap atau hitam.

Rumah Adat Joglo

Rumah Joglo - Rumah Adat D.I. Yogyakarta

Seperti rumah joglo lainya, lantai joglo Yogyakarta akan lebih tinggi daripada permukaan tanah.

Rumah Adat Jawa Tengah

Joglo Kudus adalah jenis rumah adat Jawa yang berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah. Rumah ini memiliki ciri khas atap yang sangat tinggi dan rumit, serta ukiran-ukiran yang halus. Joglo Kudus sering digunakan untuk tempat ibadah atau pertemuan adat.

Rumah Adat Joglo Kudus

Rumah Joglo Kudus - Rumah Adat Jawa Barat

Joglo biasanya memiliki ruang tengah terbuka yang luas, dikelilingi oleh beberapa kamar tidur di sekelilingnya. Bagian depan rumah sering dihiasi dengan pintu dan jendela yang diukir dengan detail.

Rumah Adat Jawa Timur

Masyarakat daerah Jawa Timur juga memiliki rumah adat bernama joglo, sama seperti Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. Atap joglo Jawa Timur ini lebih sederhana dibandingkan joglo lainnya.

Rumah Adat Joglo

Rumah Joglo Rumah Adat Jawa Timur

Rumah adat Joglo di Jawa Timur terbagi menjadi dua ruang utama yaitu pendopo dan ruangan belakang. Pendopo terletak di bagian depan yang digunakan untuk menerima tamu atau mengadakan pertemuan, sedangkan ruang bagian belakang terdiri atas kamar tidur dan dapur. Keluarga biasanya lebih banyak berkumpul dan beraktifitas sehari-hari di ruang belakang.

Rumah Limasan

Limasan adalah jenis rumah adat Jawa yang lebih sederhana dibandingkan Joglo. Rumah ini juga menggunakan atap limas, namun struktur dan ukirannya lebih sederhana. Limasan biasanya memiliki ruang tengah terbuka yang digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga atau kegiatan budaya. Kamar tidur dan ruang lainnya terletak di sekitar ruang tengah.

Rumah Gladag

Gladag adalah rumah adat Jawa yang terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan sebagai ruang keluarga dan tempat berkumpul, sedangkan lantai atas digunakan sebagai kamar tidur. Gladag memiliki struktur kayu yang kuat dan atap yang menjulang tinggi. Bagian depan rumah sering dihiasi dengan ukiran-ukiran yang menarik.

Rumah Panggung

Rumah adat Jawa Panggung adalah rumah yang dibangun di atas tiang-tiang kayu yang tinggi. Tujuan dari pembangunan rumah di atas panggung ini adalah untuk melindungi rumah dari banjir dan serangga. Panggung memiliki struktur kayu yang kokoh dan ukiran-ukiran yang rumit di dindingnya. Bagian bawah rumah sering digunakan sebagai tempat penyimpanan atau kandang hewan.

Rumah adat Jawa mencerminkan kekayaan seni dan keindahan budaya Jawa. Setiap jenis rumah adat memiliki karakteristik yang unik, baik dari segi struktur, ukiran, atau fungsi. Mengunjungi rumah adat Jawa dapat memberikan wawasan tentang kehidupan tradisional masyarakat Jawa dan keindahan arsitektur tradisional yang masih lestari hingga saat ini.

AreaIndonesia.com - 24 Mei 2023

Reader Interactions

Berikan komentar bro/sist